Minggu, 09 Oktober 2011

cerpen #2 Mata dari Adek

Angel itu nama gue punya bokap yang kerja di luar kota, punya nyokap ibu rumah tangga dan punya adek cewek yang idiot.
Gue anak pertama dari dua bersaudara, gue sebagai anak normal yang sekolah dan ngejalanin hari kayak anak normal lainnya, sedangkan adek gue yang idiot, dia dungu, dia gak normal karna itu gue benci sama dia dan karna itu pula nyokap gak mau punya anak lagi dengan alasan mau ngurusin adek gue yang idiot itu. Dia memang gak nyusahin gue, tapi dia malu-maluin gue. Tiap kali nyokap jemput gue diskolah, gue slalu bilang sama nyokap "Ma, kalo jemput aku sekolah gak usah bawa adek" nyokap cuman bisa geleng kepala.
Gue dulu sayang sama adek gue, sering maen bareng, tapi sejak temen-temen gue dateng kerumah dan ngeliat adek gue yang idiot itu gue jadi bahan olok-olok dikelas dan mulai saat itu gue benci sama dia gue slalu marahin dia.
Gue pulang sekolah seperti biasa langsung kerumah, ganti baju dan lagsung nonton TV, tiba-tiba adek gue ganggu, dia ngerebut remote TV sambil tereak, tu remote TV gue tarik dengan kasar gue marahin dia "Dasar idiot, bisanya cuman gangguin gue doang" nyokap yang tadi didapur ternyata denger dan langsung ngeliat, gue pun dimarahin gue lempar tu remote TV dan langsung lari kekamar "Gue benci adek gue, gue benci" cuman itu yang bisa gue ungkapin.
Bokap gak tau masalah tentang gue benci sama adek gue yang idiot itu karna bokap kerjanya diluar kota dan pulang 1 bulan sekali. Sekarang nyokap lagi siap-siap buat ngeliat bokap di luar kota, dia pergi sendiri tanpa gue dan adek gue "Angel, titip adek ya jangan lupa dikasih makan, mama pulang jam 7 nanti" itu pesan nyokap dan gue cuman ngangguk-nganguk.
Nyokap pergi sekarang tinggal gue dan adek gue dirumah. Makan siang gue cuman masakin dia nuget tapi dia gak mau trus gue paksa dan dilemparnya piring yang gue kasih ke dia, gue marah dan makiin dia "Eh, loe itu udah untung gue ksih makan, malah loe lepmpar" dia nangis, gue tambah marah, gue dorong dia sampe jatoh "Gue gak pernah minta adek idiot kayak loe, gue malu punya adek kayak loe, loe itu gak diminta ada di dunia ini, loe mesti inget gue benci sama loe dan skarang terserah loe deh mau makan atau gk', kalo loe gak makan pasti loe kelaperan dan mati, tapi mending loe mati aja dari pada malu-maluin gue. Dia dem dan cuman bilang "kakak, kakak kenapa ngomong gitu? Adek sayang sama kakak" gue gak nanggepin omongan dia, gue langsung kekamar dan ngebiarin dia nangis didepan TV . Gak tau dia makan atau gak, gue gak perduli.
Nyokap gak jadi pulang malem ini, besok dia baru pulang jadi gue mesti ngejagain si idiot lagi. Dia sebenernya bisa makan dan mandi sendiri tapi gue tetep ngerasa disusahin karna dia, karna dia idiot dan untungnya besok minggu dan 3 hari lagi hari ulang tahun gue, gue gak tau apakah nyokap dan bokap inget hari ulang tahun gue.
Keesokan harinya, nyokap pulang bareng bokap, gue harap mereka inget ulang tahun gue yang tinggal 2 hari lagi. Baru 2 jam nyokap dirumah, tiba-tiba dia nampar gue dan bilang "Kamu itu jahat banget sama adek kamu, dia itu adek kandung kamu dan harusnya kamu sayang sama dia..." kata-kata nyokap menggantung. Gue ngejawab omongan nyokap "Angel gak pernah minta adek idiot kayak dia ma, karna itu angel benci sama dia, dia itu gak pernah diharepin ada di dunia ini". Nyokap nampar gue lagi kali ini didepan adek gue dan bokap gue muka nyokap merah padam dan dia ngusir gue dari rumah. Sambil nangis gue lari dari rumah, gue gak hati-hati dan mobil nabrak gue. Saat itu juga gue pingsan dengan kepala yang sakit karna benturan keras
Gue siuman dirumah sakit dan didepan gue ada nyokap dan bokap gue, tapi perasaan gue mengganjal dimana adek gue, selama koma gue selalu mimpiin dia gue pun nyoba ngomong sama nyokap "Ma adek dimana?" nyokap cuman diem sambil nahan nangis sedangkan yang nanggepin petanyaan gue tadi bokap, bokap cuman bilang "Sini ayo ikut papa" dengan nada lembut, gue dibantu buat bangun walupun susah tetp gue paksain. Gue dibawa ke ruangan sebelah dimana adek gue sedang terbaling lemah dan koma. Nyokap mulai cerita disela tangisnya "Adek kamu mengalami pendarahan dikepalanya karna pencangkokan mata, saat kamu kecelakaan kamu mengalami benturan keras sehingga matamu buta, saat adikmu mendengar berita itu dia mau memberikan matanya untukmu, tapi mama melarangnya, dia ngancem mama, dia gak mau makan kalo mama gak ngizinin. Akhirnya dengan berat hati mama mengizinkan dia sangat bahagia mendengar persetuuan mama. Alasan dia mau memberikan matanya untukmu karna dia gak mau ada yang cacat dirumah ini selain dia, cukup dia yang cacat, kakak gak boleh cacat juga. Saat operasi pecangkokan mata, pencangkokan untuk kamu berhasil tetapi pencangkokan untuk adikmu gagal dan mengalami pendarahan yang banyak, sehingga kemungkinan dia untuk hidup lagi sangat kecil" Gue terdiam mikirin gimana jahatnya gue kedia, gue slalu marahin di, gue yang benci sama dia tapi dia, dia baik banget sama gue. Gue nangis dan disela isak tangis itu gue manggil dia "Adek, adek bangun jangan tinggalin kakak, kakak janji bakalan sayang lagi sama adek" Dia ngerespon panggilan gue, jari tanga kananya bergerak dan dia cuman bilang "Kakak, kakak jangan nangis adek sayang sama kakak, selamat ulang tahun" dan itu kata-kata terakhir dia sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.
Gue nangis, teriak, teriak sekenceng-kencengnya tapi gak bisa Gue jahat, jahat banget buat adek gue, gue gak nyayangin dia padahal dia sayang banget sama gue.
Adek maafin kakak yaa..
Kakak janji bakalan mengenang adik sebagai adik terbaik buat kakak. Kakak JANJI :')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
XD Anime Smiley